FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU KEHADIRAN MAHASISWA PADA JAM PERTAMA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

  • Luthfiah Amelia Artjan Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Andi Millaty Halifah Dirgahayu Lantara Bagian Fisiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia, Makassar Indonesia
  • Suliati P. Amir Bagian Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia, RSP Ibnu Sinaa YW-UMI Makassar, Indonesia
  • Shulhana Mochtar Bagian Biokimia Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Muhammad Wirasto Ismail Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
Keywords: ketepatan waktu, kehadiran mahasiswa, motivasi belajar, minat mata kuliah, metode pengajaran

Abstract

ABSTRAK

Kehadiran mahasiswa secara tepat waktu dalam perkuliahan pagi memiliki peran penting dalam menjamin efektivitas proses pembelajaran, khususnya pada pendidikan kedokteran yang menuntut kedisiplinan tinggi, beban akademik besar, dan kesiapan mental yang optimal. Namun, keterlambatan mahasiswa masih menjadi permasalahan yang sering terjadi, dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ketepatan waktu kehadiran mahasiswa pada jam kuliah pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain potong lintang (cross-sectional). Sampel terdiri dari 197 mahasiswa preklinik angkatan 2022 yang dipilih melalui teknik quota sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner terstruktur yang mencakup enam variabel: motivasi belajar, kualitas tidur, minat terhadap mata kuliah (faktor internal), serta metode pengajaran dosen, faktor cuaca, dan lingkungan perkuliahan (faktor eksternal). Data dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar (p = 0,045) dan minat terhadap mata kuliah (p = 0,010) berpengaruh positif signifikan terhadap kehadiran mahasiswa, sementara metode pengajaran dosen (p = 0,005) dan lingkungan perkuliahan (p < 0,001) berpengaruh negatif signifikan. Kualitas tidur dan faktor cuaca tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Model ini menjelaskan 48,7% variasi dalam kehadiran (R² = 0,487). Hasil ini menunjukkan bahwa ketepatan waktu kehadiran lebih dipengaruhi oleh faktor psikologis dan pedagogis daripada faktor lingkungan fisik atau fisiologis.

ABSTRACT

Punctual student attendance during early morning lectures plays a vital role in ensuring the effectiveness of learning, particularly in medical education, which demands high levels of discipline, academic workload, and mental readiness. However, student tardiness remains a common issue, influenced by various internal and external factors. This study aimed to analyze the factors affecting the punctuality of students’ attendance in the first lecture session at the Faculty of Medicine, Universitas Muslim Indonesia. A cross-sectional quantitative design was used with a total sample of 197 pre-clinical students from the 2022 cohort, selected through quota sampling. Data were collected using structured questionnaires covering six independent variables: internal factors (learning motivation, sleep quality, and subject interest) and external factors (teaching methods, weather conditions, and learning environment). Data were analyzed using multiple linear regression with SPSS software. The results showed that learning motivation (p = 0.045) and interest in the subject (p = 0.010) had a positive and significant effect on student attendance. Conversely, teaching methods (p = 0.005) and the classroom environment (p < 0.001) had a significant negative effect. Sleep quality (p = 0.257) and weather (p = 0.776) were not statistically significant. The regression model explained 48.7% of the variation in attendance (R² = 0.487). These results show that punctuality in attendance is more influenced by learning motivation and interest in the course than by physical or physiological environmental factors.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hermawaty, H. (2019). Analisis Faktor Kehadiran Mahasiswa terhadap Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode Principle Component Analysis. CCIT (Creative Communication And Innovative Technology) Journal, 12(1), 70-84. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33050/Ccit.V12i1.603.

Maheshwari, G., & Shaukat, F. (2019). Impact of Poor Sleep Quality on the Academic Performance of Medical Students. Cureus, 11(4), e4357. https://doi. org/10.7759/cureus.4357

Lee J. Psychological factors influencing student attendance in medical education. 2021;145–53.

S Wahab. Campus infrastructure and its impact on medical student motivation. J Med Educ Curric Dev. 2022;1–10.

P. Rodrigues. Interactive teaching methods and student engagement. Med Teach. 2019;1049–57.

Nurul Hakim A, Kusumawati A, Budi YH, Qoimatun I, Studi kedokteran P, Kedokteran F, et al. Tingkat Stres dan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter: Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif [Internet]. Available from: https://jurnal.umj.ac.id/ index.php/JKK

Situmeang E, Sijabat M, Murni Zalukhu S, Simanjuntak F, Ignatius Sitepu H, Situmeang D, et al. Identifikasi Penyebab Siswa Terlambat Datang Setiap Pagi ke Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. 4:14056–63.

L Zhang. Student Attendance Dynamics in Medical Education. Medical Education Quarterly. 2021;201–15.

Kumar R, & SA. Typology of Student Attendance. Int J Educ Res. 2022;112–28.

Goto T, HT, & YK. Stress and Academic Performance of Medical Students in Japan: A Longitudinal Study. Journal of Medical Education. 2020;507–14.

Zhang X, LJ, & YQ. The Relationship Between Motivation and Attendance in Medical Students. Medical Education Journal. 2022;287–95.

Fairus FN, Titaley CR, Manuputty AG, Malakauseya MLV, Taihuttu YMJ, Bension JB. academic and adaptation difficulties of medical students with low academic achievement in the first two years. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education. 2023 Jul 3;12(2):175.

Suyanto, B., & Wibowo, C. (2022). Iklim Kelas dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(1), 45-59. :45–59.

Lee S, KJ, & PY. mpact of Social Environment on Attendance of Medical Students: A Cross-Sectional Study. BMC Medical Education. 2021;15–22.

Rahmawati, D. (2022). Keterampilan Komunikasi Dosen dan Implikasinya terhadap Pemahaman Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 9(3), 201-215.

Wijaya, A., Susanto, H., & Pratiwi, M. (2021). Per-bandingan Efektivitas Metode Pengajaran Student-Centered Learning dan Teacher-Centered Learning pada Mahasiswa Tingkat Pertama. Jurnal Pendidik-an dan Pengajaran, 14(2), 125-138. :125–38.

Thompson S, BJ, & CH. Attendance and Academic Performance in Medical School: A Retrospective Cohort Study. Journal of Medical School Perform-ance. 2020;100–8.

Sani M, FM, & SA. "The Impact of Mental Health on Attendance of Medical Students: A Case Study in Iran. Medical Science Monitor. 2019;1247–54.

Sulistyowati, E. (2020). Dampak Cuaca Ekstrem ter-hadap Performa Akademik Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 5(4), 230-242. :230–42.

Siregar, M., & Hasibuan, R. (2022). Pengaruh Perubahan Musim terhadap Tingkat Kehadiran Mahasiswa dalam Perkuliahan. Jurnal Iklim dan Pendidikan, 8(2), 114-128. :114–28.

Haryanto, R., Widodo, S., & Pratiwi, D. (2024). Pengaruh Suhu Ruangan terhadap Konsentrasi Belajar Maha-siswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tinggi, 18(2), 145-159. :145–59.

Nurhayati, S., Wibowo, A., & Handayani, T. (2023). Dampak Kebisingan Lingkungan terhadap Ke-mampuan Kognitif Mahasiswa: Studi Longitudinal di Lima Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Pen-didikan, 11(2), 105-119.

Mahmudah, L., Rahman, A., & Sulistyo, B. (2024). Analisis Korelasi Fasilitas Pembelajaran dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(3), 218-230. 2024;218–30.

Suyanto B, & WC. Iklim Kelas dan Pengaruhnya ter-hadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan. 2022;10(1):45–59.

Wijaya A, et al. Wijaya, A., et al. . Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2021;14(2):125–38.

Fairus FN et al. Academic and Adaptation Difficulties of Medical Students with Low Academic Achievement. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2023;12(2): 175.

Siregar M, & HR. Pengaruh Perubahan Musim terhadap Tingkat Kehadiran Mahasiswa. Jurnal Iklim dan Pen-didikan. 2022;114–28.

Published
2025-12-02
How to Cite
Luthfiah Amelia Artjan, Andi Millaty Halifah Dirgahayu Lantara, Suliati P. Amir, Shulhana Mochtar, & Muhammad Wirasto Ismail. (2025). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU KEHADIRAN MAHASISWA PADA JAM PERTAMA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA. Medika Alkhairaat: Jurnal Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, 7(03), 1240-1247. https://doi.org/10.31970/ma.v7i03.349
Section
Articles