PENGARUH VITAMIN B6 TERHADAP NILAI UJIAN BLOK MAHASISWA

  • Christin Rony Nayoan Departemen THT-KL, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Palu Sulawesi Tengah
  • Anisha Inas Amany Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Palu Sulawesi Tengah
  • Vera Diana Towidjojo Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah
  • Andi Alfia Muthmainnah Tanra Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah
  • Rahma Departemen Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah
  • IPFI White Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah
  • Haerani Harun Departemen Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah
Keywords: vitamin B6, nilai ujian blok, mahasiswa kedokteran

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang : Vitamin B6 berfungsi sebagai kofaktor dalam lebih dari 100 reaksi enzimatik, dan berperan pada sintesis neurotransmitter seperti gamma-aminobutyric acid (GABA), serotonin, dan dopamine sehingga berpotensi mempengaruhi fungsi otak yang berkaitan dengan konsentrasi, daya ingat, dan performa akademik pada mahasiswa terutama dalam ujian blok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh vitamin B6 terhadap nilai ujian blok mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Angkatan 2023.

Metode : Penelitian kuasi-eksperimental dengan Posttest-Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kemudian dibagi menjadi dua kelompok dengan perlakuan berbeda. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan Uji T Sampel Independen.

Hasil : Total sampel adalah 36 mahasiswa yang dibagi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen-diberikan vitamin B6 100 mg per hari selama 3 minggu 5 hari dan kelompok kontrol-tidak diberikan vitamin B6. Didapatkan nilai rata-rata ujian blok pada kelompok eksperimen adalah 50,19; kelompok kontrol adalah 42,63; dan nilai signifikansi 0,006 antar kelompok.

Kesimpulan: Suplementasi vitamin B6 dapat meningkatkan performa akademik mahasiswa kedokteran. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, yaitu tidak adanya penilaian awal (pre-test) sehingga kondisi awal sampel tidak diketahui, serta terdapat banyak faktor yang tidak dapat dikendalikan yang mungkin memengaruhi performa akademik sampel penelitian.

ABSTRACT

Background: Vitamin B6 functions as a cofactor in over 100 enzymatic reactions and plays a role in the synthesis of neurotransmitters such as gamma-aminobutyric acid (GABA), serotonin, and dopamine. These neurotransmitters have the potential to influence brain functions related to concentration, memory, and academic performance, particularly in medical students during block examinations. This study aimed to examine the effect of vitamin B6 supplementation on the block exam scores of medical students at the Faculty of Medicine, Tadulako University, Class of 2023.
Methods: This was a quasi-experimental study using a posttest-only control group design. Samples were selected using random sampling and divided into two groups receiving different treatments. Data analysis included normality testing, homogeneity testing, and independent sample t-tests.
Results: A total of 36 students participated in the study, divided into two groups: the experimental group received 100 mg of vitamin B6 daily for 3 weeks and 5 days, while the control group received no supplementation. The average block exam score in the experimental group was 50.19, compared to 42.63 in the control group, with a statistically significant difference between groups (p = 0.006).
Conclusion: Vitamin B6 supplementation may enhance the academic performance of medical students. However, this study has limitations, including the absence of a baseline (pre-test) assessment, which prevents evaluation of initial conditions, and the presence of various uncontrolled factors that may have influenced the academic performance of the participants.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Widyandana. Manajemen Pasien Simulasi Di Pendidikan Kedokteran Dan Kesehatan. UGM PRESS; 2021.

Ni, Purnawati S, Luh. HUBUNGAN KONSUMSI KOPI TERHADAP PELUANG KELULUSAN UJIAN BLOK MAHASISWA PSSKPD ANGKATAN 2017 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. e-Jurnal Medika Udayana. 2021;10(9):49-49. doi:https://doi.org/10.24843/mu.2021.v10.i9.p08

Alfionita A, Jamaluddin U, Fitriyadi DS. Hubungan Antara Kecerdasan Intelektual (IQ) Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. J Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. 2019;2(2). doi:10.47080/propatria.v2i2.589

Welong SS, Manampiring AE, Posangi J. Hubungan antara kelelahan, motivasi belajar, dan aktivitas fisik terhadap tingkat prestasi akademik. J Biomedik. 2020;12(2):125. doi:10.35790/jbm.12.2.2020.29516

Dipsatara T, Ruhaena L. Hubungan Antara Kecemasan Akademik, Motivasi Belajar, dan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. J Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 2024;5(5). doi:10.38035/jmpis

Faturochman, Junaidi S, Setiowati A. Efektivitas Pemberian Buah Pisang Dan Vitamin B1, B6, Dan B12 Terhadap Kelelahan Otot. J Sport Sci Fitness. 2020;6(1). doi:10.15294/jssf.v6i1.40205

Halomoan JT, Zakiah R, Larasati TA. Pengaruh Suplemen Multivitamin B1, B6, Dan B12 Terhadap Kelelahan Kerja pada Pekerja Shift di Pabrik Pengemasan Minyak Goreng. Medula. 2020;9(4). doi:10.53089/medula.v9i4.239

Noah L, Dye L, Bois De Fer B, et al. Effect of magnesium and vitamin B6 supplementation on mental health and quality of life in stressed healthy adults: Post-hoc analysis of a randomised controlled trial. Stress Health. 2021;37(5):1000-1009. doi:10.1002/smi.3051

Xu H, Wang S, Gao F, Li C. Vitamin B6, B9, and B12 Intakes and Cognitive Performance in Elders: National Health and Nutrition Examination Survey, 2011–2014. Neuropsychiatr Dis Treat. 2022;18:537–553. doi:10.2147/NDT.S337617

An Y, Feng L, Zhang X, et al. Dietary intakes and biomarker patterns of folate, Vitamin B6, and Vitamin B12 can be associated with cognitive impairment by hypermethylation of redox-related genes NUDT15 and TXNRD1. Clin Epigenetics. 2019;11(1). doi:10.1186/s13148-019-0741-y

Arianti J, Nuzrina R. Hubungan Asupan Zat Gisi Mikro Dan Aktivitas Fisik Dengan Fungsi Kognitif Lansia Di Puskesmas Kebon Jeruk Jakarta Barat. MGMI. 2020;11. doi:10.22435/mgmi.v11i2.2501

Sigumantar. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Strategi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Untuk Kelas XI SMAN Kabupaten Tebo Tahun Pelajaran 2019/2020. J Inov Pendidikan Menengah. 2021;1(4). doi:10.51878/secondary.v1i4.606

Sidabutar M, Muhammad RA, Aulia YK, et al. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. J Epistema. 2020;1(2). doi:10.21831/ep.v1i2.34996

Cahyanto EB, Nugraheni A, Sukamto IS, Musfiroh M. Hubungan Status Gizi Dan Prestasi Belajar. PLACENTUM J Ilm Kesehatan Dan Aplikasinya. 2021;9(1). doi:10.20961/placentum.v9i1.45151

Durrani D, Idrees R, Idrees H, Ellahi A. Vitamin B6: A new approach to lowering anxiety and depression?. Ann Med Surg. 2022;82. doi:10.1016/j.amsu.2022.104663

Published
2025-12-02
How to Cite
Christin Rony Nayoan, Amany, A. I., Towidjojo, V. D., Andi Alfia Muthmainnah Tanra, Rahma, IPFI White, & Haerani Harun. (2025). PENGARUH VITAMIN B6 TERHADAP NILAI UJIAN BLOK MAHASISWA . Medika Alkhairaat: Jurnal Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, 7(03), 1248-1254. https://doi.org/10.31970/ma.v7i03.350
Section
Articles